Monday, May 20, 2013

Mengenali diri sendiri untuk memulai wirausaha

          Wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya atau hidupnya. oleh karena itu seorang wirausaha harus bisa  mengenal diri sendiri, baik kelemahan maupun kekuatan. dengan mengenali diri sendiri kita dapat mengetahui kemampuan, minat dan bakat  yang dikuasai untuk mulai memilih jenis usaha yang akan dijalankan.wirausaha juga dituntut untuk bisa menjadi pemimpin dalam pengelolaan kegiatan usahanya dan dimulai dari diri sendiri seperti menanamkan keyakinan untuk berpikir, berprilaku dan bertindak dengan cara wirausaha dengan pemikiran menyadari sepenuhnya tujuan yang sesungguhnya, apabila seseorang bisa mempimpin dirinya sendiri pastilah orang itu bisa mempimpin bawahan atau rekan usahanya. 

        Seorang wirausaha harus bisa selalu aktif atau kreatif, berdaya bercipta,dan bersaahaja dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegaitan usahanya atau kiprahnya agar bisa selalu meningkatkan kegiatan wirausaha nya.
        
           Seorang yang memiliki jiwa dan sikap wirausaha selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapainya. Dari waktu-ke waktu, hari demi hari, minggu demi minggi selalu mencari peluang untuk meningkatkan usaha dan kehidupannya. Ia selalu berkreasi dan berinovasi tanpa berhenti, karena dengan berkreasi dan berinovasi lah semua peluang dapat diperolehnya. 
          Saya sangat setuju dengan apa yang dimaksud Pak Seta sebagai "size the day", sering sekali saya melihat teman-teman saya yang mengeluhkan "seandainya sehari ada 27 jam, pasti gue bisa nih ngerjain tugas ini dalam sehari" saya berfikir jika satu hari 27jam apakah bisa semaksimal 24jam dalam sehari? saya rasa tidak juga karena semua sudah diatur Tuhan dengan "pas". Jadi 24 jam dalam sehari itu menuntut kita agar bisa mengoptimalkan 24jam agar menjadi pribadi "talk less do more", efisien, bermanfaat, berguna bagi orang lain dan bisa memberikan pencerahan atau memoivasi orang disekitar kita.

           Seperti pengusaha lainnya, wirausaha juga dituntut pandai dalam memotivasi, menanampak pikiran agar sukses atau berhasil sesuai rencana dan tujuan yang ditanamkan sejak awal. tidak hanya "take" mengambil atau memanfaatkan sumberdaya yang ada, setiap pengusaha sudah wajib "give" sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat, tidak selalu dengan materiil, tapi juga dapat menjadi pembicara dalam berbagai seminar untuk memotivasi atau sekedar berbagi pengalaman pada masyarakat yang ingin memulai untuk berwirausaha.  

No comments:

Post a Comment