Tuesday, June 11, 2013

Cara berkomunikasi dengan dunia

Terlepas dari apakah kita bersifat introfert atau ekstrofert, yang jelas kita perlu berhubungan dengan dunia, baik dengan dunia dalam maupun dunia luar. Setiap orang mempunyai cara masing-masing dengan dua dunia tersebut. Ada empat macam cara atau fungsi.
Fungsi pertama adalah mengindra (sensing). Penginderaan berarti kita memperoleh infomasi dari dunia luar melalui pancaindra kita semisal, pendengaran dan penglihatan. Jung menyebutnya sebagai fungsi irasional, yang terlibat disini adalah persepsi bukan penilaian  atas informasi yang diperoleh dari pancaindra kita. Fungsi yang kedua adalah berpikir (thingking). Jung menyebutnya dengan fungsi rasional, karena ia terlibat jauh dalam keputusan-keputusan yang diambil atau panilaian yang dibuat bukanlah informasi yang diterima begitu saja. Fungsi ketiga adalah mengintuisi (intuiting). Mengintuisi bereda dari merasa karena lebih kreatif, bahkan seringkali menambahkan atau menyarikan elemen-elemen dari penginderaan alam sadar.
Fungsi perasaan (feeling), Jung menggunakan istilah perasaan untuk menggambarkan proses mengevaluasi suatu idea atau peristiwa. Fungsi perasaan harus dibedakan dengan emosi. Perasaan adalah pengevaluasian setiap aktifitas sadar, bahkan terhadap nilai-nilai yang tidak disukai. Kebanyakan evaluasi ini tidak mengandung emosi namun, mereka sanggup menjadi emosi jika intensitasnya meningkat sampai ke titik prubahan-perubahan fisiologis dalam diri seseorang.

No comments:

Post a Comment